QOMARU SAMBUT TIM PENILAI LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI

oleh -598 views

WartaOnlien.Co. Metro Lampung

Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman menghadiri sekaligus menyambut para tim penilai lomba Kelurahan tingkat Provinsi Lampung dalam kegiatan Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Lampung tahun 2023 di Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur, Selasa (27/06/2023).

 

 

Bertempat di Aula Kelurahan Yosorejo, dalam sambutanya Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman mengatakan dalam meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Kelurahan, yang mana berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan dan memberikan motivasi bagi warga masyarakat untuk meningkatkan perannya dalam upaya pembangunan di Kota Metro guna mencapai Visi terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.

 

 

“Lomba kelurahan yang dilaksanakan ini tentu memberi kontribusi yang sangat signifikan, hal ini terbukti dengan adanya partisipasi lembaga kemasyarakatan dan pengetahuan para kader atau pengurus LPM, RT/RW, Karang Taruna, PKK sampai pada tingkat dasawisma Posyandu dan Poskeskel serta terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat,” ujarnya.

 

 

“Dengan demikian akan terjalin rasa kebersamaan antar aparatur, kader serta seluruh warga masyarakat untuk berbuat yang terbaik dalam mempercepat pembangunan diwilayahnya,” lanjut Qomaru.

 

 

Qomaru juga mengatakan Kelurahan Yosorejo telah melakukan berbagai upaya terbaik guna mewujudkan pembangunan di berbagai bidang antara lain Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan serta Bidang Kemasyarakatan, dengan membuat inovasi diantaranya Program Smart Village, pelayanan si panjol, Bank Sampah, Nuwo Curhat, Kampung Restorative Justice, Pasar Seger, dan Kampung Edukasi Lebah Madu.

 

 

“Saat ini Kelurahan Yosorejo termasuk dalam katagori berkembang dengan klasifikasi swakarya mula, yang artinya secara potensi, inovasi pelayanan kepada masyarakat serta pembangunan di berbagai sektor sudah berjalan baik maka dari itu kami menilai Kelurahan ini pantas untuk mewakili Kota Metro dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Lampung,” tuturnya.

 

 

Masih di forum yang sama Gubernur Lampung yang kali ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Zaidirina dalam sambutanya mengatakan Kelurahan mempunyai tugas yaitu melaksanakan kegiatan pemerintahan, melakukan pemberdayaan masyarakat, melaksanakan pelayanan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban umum, serta memelihara prasarana dan fasilitas pelayanan umum kemudian melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

“Memperhatikan tugas Kelurahan ini dapat kita lihat bahwa seluruh proses kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota atau Daerah pada akhirnya akan menjadi tugas dan bermuara di Kelurahan oleh sebab itu menuntut kepiawaian kepala Kelurahan untuk dapat memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang tersedia untuk mendukung suksesnya proses pembangunan yang ada,” ucapnya.

 

 

Zaidirina juga mengatakan ada tiga aspek penilaian dalam lomba Kelurahan ini yang pertama adalah bidang pemerintahan kemudian bidang kewilayahan dan juga bidang kemasyarakatan dengan penilaian 19 aspek dan 490 indikator penilaian.

 

 

“jadi penilaian ini betul-betul independen betul-betul profesional karena sudah ada teknis 19 aspek dan 490 indikator, ini semua harus dapat kita temui, semakin banyak dapat kita penuhi maka nilai akan semakin tinggi,sebab itu target kita tetap juara 1 di tingkat regional”. Katanya

 

 

Perlombaan Desa dan Kelurahan untuk tahun 2023 ini mengusung tema tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial Desa dan Kelurahan ini tampak dihadiri Tim penilaian Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Lampung beserta rombongan, Sekertaris Daerah, Staf Ahli Bidang II, Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD, Sekretaris II Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Para Lurah dan Camat se-Kota Metro.

 

 

Pewarta: S M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.