DISKOMINFO KOTA METRO GAGAS “SILAT KOMET”

oleh -1,081 views

WartaOnlien.Co.Metro Lampung

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Metro menggagas Strategi Integrasi Layanan Aplikasi Pemerintah Kota Metro (Silat Komet). Silat Komet ini sendiri akan diusulkan untuk dijadikan Perwali, sebagai tindak lanjut dari amanat Perpres No. 95 tahun 2018 tentang SPBE, kemudian amanat Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang 1 data Indonesia.

 

Menurut Subehi, selaku Kepala Dinas, Silat Komet sendiri, dirasa perlu karena sebagai database dan dashbord kepada pimpinan, sebagai dasar pimpinan untuk menentukan kebijakan dengan cepat, tepat dan akurat, karena data akan terintegrasi dari semua OPD.

 

 

“Ke depan kita akan membuat Perwali tentang layanan integrasi layanan aplikasi pemerintah itu karena memang selama ini kita belum punya ya dan nantinya akan teratur supaya untuk aplikasi banyak beredar di OPD ini nantinya bisa kita integrasikan,” katanya.

 

 

Integrasi aplikasi ini sendiri dinilai akan lebih bermanfaat dan lebih mudah dalam hal untuk pengawasan pengendalian lebih efektif efisien dari sisi organisasi juga maupun sisi anggaran karena dengan aplikasi ini lebih simpel sehingga menghemat dari sisi pembiayaan perawatan aplikasi dan lebih bisa bermanfaat dengan saling terintegrasi.

 

 

Menurut Subehi, jadi akan ada percontohan berupa aplikasi di bidang kepegawaian yang dinamakan Portal PNS terkait daftar hadir pegawai terintegrasi dengan aplikasi atau E-Absensi.

 

 

“Kemudian ada juga aplikasi e-kinerja yang kinerja elektronik penilaian elektronik kemudian sudah ada aplikasi untuk pembuatan surat elektronik, yaitu saling terhubung ya mudah dan itu juga nanti akan menjadi ukuran pemberian tunjangan penghasilan pegawai atau TPP, ” Katanya.

 

 

Lanjutnya, kemudian aplikasi tersebut akan terhubung ke Inspektorat, BKPSDM dan BPKAD dalam pengaplikasiannya. Dan aplikasi memiliki dengan rangkuman data-data yang diperlukan pimpinan di level Walikota, Wakil hingga Sekda untuk menentukan kebijakan, dari sisi perencanaan, anggaran, hingga realisasinya dari semua OPD.

 

 

“Tentunya kita butuh dukungan dari berbagai opd karena integrasinya kalau tanpa dukungan dari waktu itu tentu sulit ya makanya kita perlu dukungan dari semua PD untuk bisa mendukung pelaksanaan integrasi layanan aplikasi ini,” katanya.

 

 

Pewarta: S M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.