Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 Hari Pertama di SMKN 1 Tanjungpandan Berjalan Lancar

oleh -184 views

UTBK SBMPTN UBB – Hari pertama sesi pagi, Pengawas Ruangan UTBK SMKN 1 Tanjungpandan melakukan pengecekan data para peserta UTBK gelombang 1, bertempat di Lab. RPL SMKN 1 Tanjungpandan Belitung, Selasa (17/5) pagi.

BELITUNG, UBB – Selasa (17/5/2022), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama untuk SBMPTN Tahun 2022, Hari ini dilakukan secara serentak secara Nasional yang terbagi dalam dua sesi, yakni pagi pukul 7.30, dan siang pukul 12.30 waktu setempat.
Pelaksanaan tes UTBK yang terdiri dari dua gelombang, akan dilaksanakan secara berkala selama 2 Minggu. Adapun gelombang pertama dimulai terhitung tanggal 17 – 23 Mei 2022, dan untuk gelombang kedua dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei – 03 Juni 2022.
Universitas Bangka Belitung (UBB) sendiri telah menyiapkan tempat pelaksanaan UTBK di dua tempat, yakni Test Center Kampus Terpadu UBB terdapat 10 (sepuluh) titik lokasi UTBK, sedangkan untuk Test Center di lokasi SMKN 1 Tanjungpandan Belitung menyediakan 4 (empat) titik lokasi UTBK.
Menurut penuturan Penanggung Jawab Lokasi (PJL) UTBK di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung, Ir. Wahri Sunanda, S.T., M.Eng., IPM, menjelaskan sejauh ini persiapan dan pelaksanaan UTBK di lokasi SMKN 1 Tanjungpandan Belitung berjalan cukup baik dan lancar, walaupun ada sedikit kendala dari peserta itu sendiri terkait lupa bawa kartu peserta, dan permasalahan tersebut bisa diakomudir dengan baik oleh panitia UTBK UBB.
“Pelaksanaan UTBK SBMPTN di SMKN 1 Tanjungpandan hari pertama berjalan cukup baik, pengawas dan tim juga sudah tahu tugas masing-masing karena tidak ada perubahan signifikan dari POB tahun sebelumnya. Di lapangan juga masih ada ditemukan peserta yang lupa bawa kartu peserta, namun semua itu kita dapat diselesaikan sesuai dengan yang prosedur yang berlaku,” jelas Wahri.
Khusus untuk hari ini, peserta yang akan mengikuti tes UTBK sesi 1 dan 2 di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung terdata sebanyak 230 peserta, yakni sesi pagi sebanyak 115 peserta dan sesi siang diikuti 115 peserta. Data sementara yang diterima Humas UTBK UBB untuk sesi 1 total peserta 115 yang hadir sebanyak 102 , dan peserta yang tidak hadir sebanyak 13.
Lebih lanjut Wahri menegaskan, peserta harus hadir lebih awal sesuai jadwal yang dipilih dan tepat waktu, dan apabila ada peserta tes yang terlambat atau melakukan kecurangan, maka Panitia/Pengawas UTBK tidak akan memberi izin masuk ruangan dan diskualifikasi sesuai dengan prosedur operasional baku (POB) yang ditetapkan LTMPT 2022.
“Pada sesi 1 pelaksanaan UTBK SBMPTN terdapat 13 peserta yang tidak hadir, ini ada kemungkinan peserta pada saat daftar ada salah memilih lokasi UTBK sehingga merasa jauh untuk datang ke Pulau Belitung sehingga memilih untuk tidak hadir. Info ini kami dapat dari Panitia Penerima Mahasiswa Baru UBB 2022, dimana banyak siswa SLTA saat daftar UTBK salah memilih lokasi UTBK,” tambahnya.
Selama pelakasanaan UTBK Panitia maupun Peserta wajib mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, dan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan, para peserta sebelum masuk ruangan ujian terlebih dahulu dilakukan pengecekan fisik dengan alat metal detector oleh pengawas ruangan UTBK, pengecekan suhu tubuh, serta pengecekan data setiap peserta UTBK.
Menjaga ketenangan para peserta selama mengikuti UTBK, orang tua/kerabat yang mengantar peserta tidak diizinkan berada disekitar ruangan lokasi, atau aktifitas lain baik dari Panitia UTBK yang dapat mengganggu konsentrasi dan kelancaran pelaksanaan ujian. (Ags/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.