Mitra UMKM Siap Sukseskan Summarecon _Expo_ 2022

oleh -18,584 views

PANGKALPINANG – Guna menyukseskan kegiatan Summarecon Expo 2022 yang akan diadakan di Summarecon Mall Tangerang Selatan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi, mengundang pihak mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berdiskusi mengenai _expo_ yang difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan RI, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Babel, Jum’at (8/4/2022).

Mitra yang hadir dalam rapat, yakni pihak perbankan (Bank Indonesia Babel, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank BTPN, Bank Sumsel Babel), dan BUMN (PT Timah, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Pos Indonesia). Di mana, seperti yang diketahui, pihak mitra-mitra ini, memang sudah memiliki mitra binaan UMKM sendiri.

Dikatakan Ketua Melati, beberapa mitra ini, bahkan sudah memiliki _list_ UMKM binaannya yang rencananya akan diberangkatkan untuk meramaikan Summarecon _Expo_ 2022. Salah satunya, Bank Indonesia yang secara gamblang akan memberangkatkan dan memberikan _support_ 18 pelaku usaha binaannya dari segi akomodasi dan transportasi.

“Guna menyukseskan kegiatan yang merupakan permintaan dari Kementerian Perdagangan, makanya saya meminta teman-teman BUMN dan perbankan untuk segera mengirimkan nama-nama UMKM binaannya. Tapi ternyata, justru ada beberapa yang sudah siap _list_ datanya, seperti Bank Indonesia (Babel) tadi katanya mau memberangkatkan 18 UMKM, dan PT Timah tadi ada 7,” ujarnya.

Berdasarkan dari penyampaian beberapa perwakilan, ada beberapa UMKM yang ternyata dibina lebih dari satu mitra. Untuk menangani hal ini, Ketua Melati Erzaldi meminta para mitra BUMN dan perbankan, segera mengirimkan _list_ UMKM binaannya yang telah terkurasi ke pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel.

“Nanti bisa kirimkan datanya paling lambat hari Senin ini, biar nanti enak untuk pembagian dan pengolahan datanya. Ini bertujuan untuk menghindari _overlapping_. Kalau pun ada yang sama, nanti biar diatur, ada yang membiayai keberangkatan, ada juga yang _support_ untuk model atau _fashion show_ nya,” kata Ketua Melati.

Target yang diberikan pihak kementerian ada 40 pelaku usaha, yang berarti ada 40 produk, di antaranya 20 produk pangan, 20 produk non pangan, yang akan memeriahkan Summarecon _Expo_ 2022. Khusus untuk produk kerajinan kain tenun dan batik cual, akan ditampilkan lewat _fashion show_, di mana selama 20-24 April ini, secara bergantian akan ditampilkan setiap harinya. Tak hanya produk UMKM saja, tetapi seni dan budaya, seperti tarian dan penampilan dambus, juga akan hadir dalam kegiatan ini.

Melati Erzaldi pun menyebutkan bahwa bentuk aksi dan dukungan kolaborasi pihak BUMN dan perbankan sangat diharapkan untuk kegiatan ini, karena untuk anggaran APBD dan anggaran Dekranasda memang tidak ada. Sejalan dengan Ketua Melati, Kadisperindag Babel Tarmin AB juga mengungkapkan harapannya terkait hal serupa.

“Harapannya untuk bapak/ibu semua, dapat mendukung kegiatan ini, karena ini bukan untuk kita saja, tetapi untuk nama baik Bangka Belitung,” katanya.

*Summarecon _Expo,_ Cara Sambut Babel sebagai Gerbang Destinasi Wisata Indonesia*

“_Just_ info, beberapa waktu yang lalu Pak Luhut bilang bahwa Kepulauan Bangka Belitung menjadi Gerbang Destinasi wisata Indonesia Bagian Utara. Selain itu, kita juga masuk sebagai 10 destinasi prioritas, jadi tidak heran kalau kita mulai mendapatkan perhatian,” ungkap Ketua Melati.

Untuk itu, Melati Erzaldi menginginkan seluruh _stakeholder_ beserta pihak yang terkait untuk menyambut hal ini secara maksimal. Salah satunya dengan menyukseskan kegiatan Summarecon _Expo_ 2022, yang diadakan khusus untuk Kepulauan Bangka Belitung. Dengan adanya _expo_ ini, maka produk bahkan seni budaya Babel akan dikenal oleh masyarakat luas.

“Ini adalah kesempatan besar dan ekslusif dari Kementerian Perdagangan untuk kita. Makanya sayang banget kalau kita nggak bisa menangkap momen ini dengan sebaik-baiknya dan optimal,” katanya.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Lulus
Editor: Lisia Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.