Gubernur Ngabuburit di Kampung Ramadan, Order Takjil dan Traktir Warga

oleh -2,553 views

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman bersama istri, Melati Erzaldi menyambut bulan Ramadan dengan suka cita. Keduanya memaknai bulan suci penuh rahmat bagi umat Muslim ini dengan berbagi berkah bersama masyarakat, Kamis (7/4/2022).

Menjelang berbuka puasa atau yang dikenal dengan istilah ngabuburit, mereka berburu takjil atau makanan ringan. Tujuannya yakni Kampung Ramadan di sepanjang Jalan Masjid Jamik, Pangkalpinang. Dengan mengenakan setelan muslim, gubernur bersama istri yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, berkeliling mengunjungi satu-persatu lapak dagangan para pedagang musiman itu.

Baik Gubernur Erzaldi maupun Melati Erzaldi terlihat asyik memilih-milih panganan ringan yang tersaji di sepanjang jalan. Berbagai jenis makanan ringan pun dibeli, mulai dari kue, kolak, otak-otak, lamang tapai, lauk-pauk, hingga minuman segar. Sembari memilah, pasangan yang gencar mengembangkan dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini menyempatkan diri berbincang dengan para pedagang.

Dari perbincangan dengan beberapa pedagang itu, Gubernur Erzaldi merasa kagum atas usaha yang telah ditunjukkan masyarakat. Menurutnya, dengan aneka ragam jenis makanan yang ada, menunjukkan keterampilan serta kecakapan masyarakat dalam memanfaatkan momentum Ramadan untuk mencari rezeki, sekaligus menghidupkan perputaran roda perekonomian.

Tidak hanya itu, gubernur dan istri pun memberikan apresiasi atas kepekaan para pedagang musiman untuk tetap menjaga kehigienisan barang dagangannya. Makanan dan minuman takjil yang dijual banyak disajikan dengan kemasan yang baik. Hal ini menurut Gubernur Erzaldi sangat mempengaruhi ketertarikan calon konsumen untuk membeli dagangan mereka.

“Kami melihat dari beberapa takjil yang dijual pun terlihat bagus dalam kemasannya. Ini membuat calon pembeli merasa senang karena melihat dari sisi kebersihan makanan atau minuman yang dijual, higienis,” ujarnya disela-sela berburu takjil.

Melati Erzaldi juga langsung memesan berbagai jenis takjil kepada pedagang dengan jumlah besar. Mereka, kata Melati, sengaja memesan untuk menunjang perekonomian pedagang musiman itu. Dari pesanan itu pula akan dibagikan ke beberapa tempat untuk disantap masyarakat luas saat berbuka puasa keesokan harinya. Selain itu, warga yang juga berbelanja turut ditraktir.

Wati, salah satu pedagang takjil yang disinggahi Gubernur Erzaldi bersama Melati, mengungkapkan rasa bahagianya usai lapak dagangannya dikunjungi orang nomor satu di Babel ini. Ia mengaku jika keduanya (Gubernur Erzaldi dan Melati) merupakan sosok yang _humble_ dan ramah dengan masyarakat. Ia juga senang Melati memesan takjil dalam jumlah besar kepadanya.

“Saya sangat senang bisa dikunjungi Pak Gubernur, tidak ada gengsi untuk membeli makanan di pinggir jalan seperti ini. Saya juga tidak nyangka Ibu Melati memesan (takjil) untuk besok, alhamdulillah saya bersyukur sekali,” katanya.

Penulis: Rangga
Foto: Fajar
Editor: Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.