Kasus Pelanggaran Naik 21 Persen, Polda Babel Gelar Operasi Keselamatan Menumbing 2022

oleh -2,737 views

PANGKALPINANG – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Menumbing 2022 yang berlangsung di Halaman Kantor Polda Babel, Selasa (01/03/22).

Apel ini dipimpin Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Babel Brigjen. Pol. Umar Dani, dan dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Babel Abdul Fatah, Danrem Babel Brigjen TNI. M. Jangkung Widyanto, Danlanal Babel Letkol Laut (P) Fajar Hernawan, Kajati Babel Daroe Tri Sadono, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel lainnya, serta untuk peserta apel diikuti oleh jajaran Polda Babel, Dinas Perhubungan (Dishub) Babel, Jasaharja dan undangan lainnya.

Brigjen. Pol. Umar Dani menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya Situasi Keamanan, Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran (sitkamseltibcar) lantas yang kondusif serta upaya memutus rantai penyebaran Covid -19.

Untuk diketahui bahwa operasi keselamatan menumbing 2022 ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah tahun 2022, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Menurut Kapolda Babel Irjen. Pol. Yan Sultra Indrajaya, dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakapolda Babel, kasus pelanggaran lalu lintas di Babel dari tahun 2020 hingga 2022 mengalami peningkatan sebanyak 21 persen. Di mana, pada tahun 2020 terjadi pelanggaran sebanyak 21.873 kasus, sedangkan di tahun 2021 sebanyak 27.751 kasus. Sedangkan untuk kecelakaan lalu lintas tahun 2020 sebanyak 292 kasus, tahun 2021 sebanyak 297 kasus, di mana yang meninggal dunia di tahun 2020 sebayak 161 orang, dan tahun 2021 sebanyak 133 orang.

Oleh sebab itu, Kapolda Babel meminta kepada jajarannya agar selalu dapat menciptakan lalu lintas yang kondusif, dan terus melakukan pembinaan tata cara berlalu lintas yang baik kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanat UU. No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang berbunyi, untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas.

“Untuk itu Polda Babel berharap kepada jajaran Direktorat Lalu Lintas mampu mempersiapkan langkah – langkah antisipasi, baik secara taktis maupun teknis juga yang bersifat strategis, agar dapat merubah _mindset_ masyarakat menjadi sadar dan taat kepada peraturan lalu lintas, serta mampu menciptakan Keamanan Keselamatan Ketertiban Cara Berlalu Lintas (kanseltipcarlantas) dengan sendirinya, sehingga potensi pelanggaran, kemacetan, kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir,” ujar kapolda.

Dalam operasi keselamatan menumbing tahun 2022 diprioritaskan kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas, ini menunjukkan rasa simpati masyarakat kepada polri, khususnya polantas. Wagub Babel Abdul Fatah sangat mendukung kegiatan ini, dengan harapan angka kecelakaan di Babel ini dapat diminimalisirkan sesuai harapan.

Dirlantas Polda Babel Kombes Pol. Juang pada awak media menuturkan, kegiatan operasi keselamatan menumbing tahun 2022 berlaku dari tanggal 1 sampai 14 Maret 2022.

“Dalam kegiatan ini kami juga melaksanakan kegiatan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin, dengan harapan penyebaran Covid -19 dapat di tuntaskan,” tegas dirlantas.

Penulis : Hasan. A. M
Poto : Fajar
Editor : Intan Pitaloka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.