Pemprov. Babel Gelar Uapacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh -391 views

PANGKALPINANG – Segenap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Kantor Gubernur Kep. Babel, Sabtu (1/6/2024).

Upacara kali ini bertindak selaku inspektur upacara yakni Pj Sekda Kep. Babel Fery Afriyanto. Ia membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi, di hadapan ratusan peserta upacara, baik ASN, PPPK, dan tenaga kontrak.

“Dalam momentum yang berbahagia ini saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan berbangsa, dan bernegara,” ujar Pj Sekda Fery.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai detik ini bangsa Indonesia berdiri kokoh, dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.

Selain regulasi yang berdasarkan pada semangat dan jiwa Pancasila, segenap anak bangsa perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

“Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia, dan Pancasila menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pesatnya teknologi informasi yang ditandai masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi dari berbagai media, dapat dimanfaatkan secara bijaksana yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarus-utamakan Pancasila dengan motode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial, dan Gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa” tegasnya.

Sementara itu, di luar amanat Ketua BPIP RI, Pj Sekda Babel menuturkan bahwa peringatan hari lahir Pancasila merupakan momentum segenap anak bangsa untuk memajukan negara ini menjadi maju. Ia berpesan generasi milenial supaya Pancasila dijadikan landasan berbangsa dan bernegara.

“Kepada generasi muda, saya berpesan agar menjadi Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara, sehingga negara kita menjadi lebih maju. Dengan lahirnya Pancasila, segenap anak bangsa bisa memajukan Indonesia yang maju, adil, dan berwibawa manca dunia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.