Pj Gubernur Safrizal Fokus Turunkan Stunting Usai Dilantik Mendagri Tito  

oleh -4,623 views

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal Zakaria Ali, Senin (12/11). Pelantikan yang dilakukan bersamaan dengan Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai itu dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

 

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Perpanjangan Masa Jabatan, Pemberhentian, dan Pengangkatan Penjabat Gubernur. Kemudian Mendagri Tito membimbing pengucapan sumpah jabatan Pj Gubernur Safrizal.

 

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, negara dan bangsa,” kata Pj Gubernur Safrizal ketika mengucapkan sumpah.

 

Ditemui seusai pelantikan, Pj Gubernur Safrizal mengaku bakal berusaha melakukan yang terbaik atas amanah baru yang diemban.

 

Orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai itu mengatakan ada sejumlah hal yang akan dilakukan usai resmi dilantik hari ini. Salah satunya, ia ingin memastikan pengendalian inflasi di Babel terlaksana dengan baik.

 

“Pagi tadi saya mengikuti rapat inflasi, dan Babel masih termasuk dalam lima besar yang inflasinya tinggi. Nanti kita akan lakukan identifikasi dan berkolaborasi dengan semua pihak untuk menurunkan inflasi ini,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, ia pun merinci beberapa program penting yang menjadi atensinya sesuai arahan Mendagri. Mulai dari pengentasan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrim, memastikan persiapan Pemilu 2024 berjalan baik, netralitas ASN, hingga isu lingkungan.

 

“Ini menjadi atensi kita semua. Walaupun masa jabatan saya paling lama hanya satu tahun, namun kita akan berusaha untuk mewujudkan itu semua,” harapnya.

 

Diketahui, sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Babel, Safrizal saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri sejak 2020.

 

Putra pasangan Zakaria Ali dan Ainun Yusuf itu merupakan lulusan pertama dari STPDN Jatinangor. Setelah itu, ia melanjutkan studinya ke IIP. Kemudian pada pertengahan 2019, Safrizal memperoleh gelar Doktor di IPDN.

 

Pria kelahiran Aceh ini menapaki karier di Kemendagri mulai tahun 2001 dengan mengawali debut karir sebagai Kasi Aceh dan DKI Jakarta-Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otda Depdagri.

 

Dia juga pernah menjabat Direktur penataan daerah dan Otonomi Khusus pada tahun 2016. Berikutnya, selaku Kepala Pusat Inovasi Daerah yang berkecimpung agar daerah berkreasi dalam menjalani roda pemerintahannya. Selain itu, dirinya juga pernah mengemban jabatan sebagai Direktur Manajemen Bencana dan Kebakaran.

 

Dengan pengalaman yang matang akan manajemen pemerintahan, Safrizal juga pernah diberi amanah menjadi Pj Gubernur Kalimantan Selatan pada tahun 2021 lalu.

 

Penulis: Budi

Foto : Saktio/Humas Kemendagri

Editor: Kris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.