Mahasiswa IAIN Babel Dianjurkan Menjadi Wirausahawan

oleh -897 views

MENDO BARAT- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mengajak para mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq (SAS) Babel untuk menjadi wirausaha di masa mendatang.

 

Hal itu disampaikan Pj. Gubernur Suganda dalam arahannya ketika pembukaan perkuliahan kewirausahaan pemuda tahap I di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Babel, Senin (07/08/23 ).

 

“Hari ini kita berkumpul untuk memberikan semangat kewirausahaan muda di Kepulauan Bangka Belitung, kehadiran kita semua adalah bukti nyata bahwa kita memiliki minat dan keinginan untuk memajukan Kep. Babel menjadi daerah yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi di bidang kewirausahaan dan salah satu indikator peningkatan Indeks Pembangunan Kepemudaan (IPP) di Kep. Babel (IPP di Kep. Babel sampai bulan ini istimasi kisaran mencapai 52,78 persen),” ucapnya.

 

Dikatakannya Kep. Babel memiliki potensi yang luar biasa untuk mengembangkan wirausaha muda, karena Kep. Babel memiliki keindahan alam yang bagus dan memiliki beragam budaya serta sumber daya alam yang melimpah sehingga sangat cocok untuk pengembangan usaha. Untuk memajukan usaha tersebut menurut Pj. Gubernur Suganda tentunya harus berkolaborasi dengan semua pihak termasuk dengan pemerintah, institut pendidikan, dan dunia usaha.

 

” Saat ini pemerintah daerah telah mengambil kebijakan langkah-langkah untuk peningkatan peluang kewirausahaan muda dengan program-program seperti bimbingan dan pelatihan kerja, serta pemberian fasilitas ruang dan fasilitas kerja guna mendorong munculnya inovasi dan ide-ide baru dari para wirausahawan muda,” ujarnya.

 

Untuk memajukan usaha, menurutnya pelaku usaha harus fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan.

 

“Saya sarankan pelaku usaha harus memanfaatkan teknologi supaya berkembang, teknologi dapat membantu dalam mengakses informasi dan pasar yang lebih luas,” tegas Pj. Gubernur Suganda.

 

Dalam kesempatan ini Pj. Gubernur Suganda mengharapkan dukungan dan arahan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam upaya peningkatan peluang kewirausahaan muda di Kep. Babel.

 

Asisten Deputi Kewirausahaan pemuda Kemenpora RI Hendro Wicaksono dalam acara yang sama menuturkan, bahwa para mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan, harus pandai membuat usaha bukan untuk mencari kerja.

 

“Setelah lulus bukan mencari kerja, tetapi membuat usaha sendiri, karena saat ini lapangan pekerjaan semakin sulit, untuk itu mulai sekarang para mahasiswa harus dididik bagaimana caranya membuat usaha,” ujar Asisten Deputi Kemenpora RI.

 

Menurutnya, orang yang bekerja dengan orang lain, tidak akan menjadi orang kaya raya, karena gajinya terbatas, sedangkan orang yang memiliki usaha sendiri penghasilannya tidak terbatas.

Oleh sebab itu Hendro Wicaksono para mahasiswa harus pandai membuat usaha sehingga menjadi seseorang yang mandiri.

 

Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Babel Irawan dalam kesempatan ini menjelaskan beberapa orang yang sukses di dunia saat ini sebagai gambaran kepada pelaku usaha supaya berhasil sesuai keinginan.

 

“Kata kunci orang yang sukses dalam menjalankan usaha adalah serius dan ketekunan oleh sebab itu melalui kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa bagaimana menjadi usahawan yang sukses dari para narasumber yang andal ini,” tegas rektor IAIN SAS Babel.

 

Untuk itu dirinya mengharapkan merubah perilaku yang selama ini lulusan dari perguruan tinggi untuk mencari kerja, sekarang diubah untuk membuka lapangan pekerjaan.

 

“Tujuan kalian kuliah mencari ilmu bukan mencari kerja, untuk mulai sekarang persiapkan diri dengan berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pembuatan usaha,” ungkapnya.

 

 

 

Penulis: Hasan A. M

Potografer: Nimrot

Editor: Lisia Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.