Program Gule Kabung, Siapkan Pelayanan dalam Satu Kawasan 

oleh -874 views

SIJUK – Pelaksanaan Program Gule Kabung (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) dengan tuan rumah Desa Sijuk, Kabupaten Belitung, Selasa (30/5) diawali dengan melaksanakan senam pagi yang berlangsung hampir 1 jam.

 

Dalam pelaksanaan hari kedua Gule Kabung ini, tampak hadir bersama Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu dan sang istri Maya Suganda Pasaribu, yakni Wakapolda, Kepala BNN, Kepala Perangkat Daerah hingga perangkat Desa dengan melaksanakan senam bersama dengan masyarakat, para guru, siswa SD, SMP dan SMA/SMK dari Kecamatan Sijuk.

 

Senam bedincak menjadi salah satu senam yang dilakukan di Lapangan Bola Ivora Sijuk ini. Menurut Pj Gubernur Suganda senam bedincak harus senantiasa dimasifkan, agar semakin terbiasa dengan senam karya anak negeri ini. Sehingga senam bedincak juga akan dilaksanakan pada saat Peringatan Hari Lahir Pancasila di Jembatan EMAS pada 1 Juni 2023 mendatang.

 

Usai pelaksanaan senam, Pj Gubernur Suganda juga membagikan doorprize serta melaksanakan penanaman bersama dan diakhirinya dengan bersih-bersih kawasan.

 

Doorprize itu sendiri memperebutkan hadiah utama berupa satu buah sepeda motor, tiga buah sepeda dan satu unit handphone, dimana merupakan sumbangan dari beberapa stakeholder Pemprov Kep. Babel.

 

“Kita semua bersemangat melaksanakan program Gule Kabung,” sapa Pj Gubernur sebelum melakukan pengundian doorprize.

 

“Didepan kita ada doorprize dari beberapa sponsor. Hari ini adalah hari berbagai, saya mau kedepan akan lebih banyak lagi pihak-pihak yang akan mensponsori,” tambahnya.

 

Undian sepeda pertama, didapatkan oleh Sudarni yang bekerja di KUA Sijuk, sepeda kedua didapatkan Ara siswi kelas 4 SD N 2 Sijuk dan sepeda ketiga didapatkan Qalesya Alia siswi kelas 5 SDN 3 sijuk serta handphone didapatkan oleh Fahri Siswa kelas 5 SDN 3 Sijuk.

 

“Coba tadi berfoto dengan saya. Nek Rusni usia 65 tahun warga desa Sijuk ini tadi minta foto bersama saya dan ternyata kupon undian beliau keluar sebagai pemenang sepeda motor,” ungkapnya usai membacakan nomor kupan undian utama sepeda motor yang ternyata dimenangkan seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak dan 2 orang cucu.

 

“Ibu senang sekali dapat motor, memang tidak punya motor di rumah. Alhamdulillah,” ungkap Nenek Rusni haru.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Pohon Belangeran di kawasan Lapangan Bola Ivora Sijuk. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Kep. Babel, Feri Afriyanto mengatakan Pohon ini adalah varietas khas Belitung, biasa digunakan untuk junjung sahang (kayu untuk menyangga tanaman lada), bisa hidup puluhan tahun dan sangat kuat.

 

“Nanti lain kali, kami tanam buah-buahan ya, lebih bermanfaat dan hasil buahnya mengandung vitamin yang baik untuk tubuh,” ungkap Pj Gubernur Suganda sambil menanam pohon bersama Wakapola Babel dan Kepada BNN Babel.

 

Dalam rangakaian Gule Kabung ini, dilaksanakan pula sosialisasi bank sampah kepada masyarakat, Sosialisasi program kegiatan magang oleh BLK Babel. Dari Dinsos PMD juga melaksanakan pembinaan untuk ibu hamil, pembinaan stunting dan sebagainya.

 

Juga dilaksanakan vaksinasi covid-19 dan cek kesehatan oleh Dinas Kesehatan, serta Samsat Setempoh oleh Badan Keuangan Daerah Kepulauan Bangka Belitung dan SIM keliling yang bekerja sama dengan Polres Belitung.

 

Penulis : Nona

Foto : Iyas Zi

Editor : Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.