Inovasi Blue Green Terima Pujian Pj Gubernur Suganda

oleh -621 views

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) ruang lingkup jajaran Pemerintah Provinsi Kep. Babel untuk memanfaatkan lahan perkarangan kantor masing-masing untuk membudidayakan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, Jumat (05/05/23).

 

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan inovasi _Blue Green_. Menurut orang nomor satu di Babel ini, kegiatan inovasi _Blue Green_ yang diinisiasi oleh salah seorang ASN bernama Irifan dinilai sangat bagus dan perlu didukung supaya hal seperti ini dapat ditiru oleh ASN yang lainnya.

 

“Saya sangat setuju sekali kegiatan seperti ini. Lahan pekarangan kantor yang selama ini tidak dimanfaatkan, sekarang memiliki nilai ekonomis. Kita bisa mendapatkan sayuran dan buah-buahan, pekarangan kantor menjadi hijau dan bersih, serta menghasilkan nilai lebih,” ujarnya.

 

Untuk itu, Pj Gubernur Suganda telah mengeluarkan surat edaran untuk pada perangkat daerah supaya melakukan hal yang serupa.

 

Sementara itu, Irifan salah seorang ASN dari biro umum salah seorang pengagas kegiatan Blue Green menuturkan, Blue adalah singkatan dari Budidaya Lahan Upaya Ekonomis, sedangkan green adalah singkatan dari Gerakan Reflikasi Ekosistem Elok Natural.

 

“Ini merupakan inisiatif Irifan sendiri Pak, untuk memanfaatkan lahan-lahan kantor yang selama ini tidak dimanfaatkan. Kegiatan _blue green_ kita ini baru 2 bulan, mulai dari cabe,sayur-sayuran, pepaya, melon, bayam, sawi hijau dan kangkung. Nah, Pak Pj kami minta untuk melakukan panen perdana ini,” ujar Irfan.

 

Untuk diketahui bahwa penanaman sayur dengan program _blue green_, tidak perlu menggunakan berbagai jenis pupuk. Tujuannya ini menurut Irifan dalam upaya untuk mensosialisasikan kepada publik supaya tidak lagi menggunakan pupuk kimia yang cenderung dapat memberikan Efek-efek kurang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Lebih lanjut irifan menuturkan, lahan pekarangan kantor gubernur yang cukup luas akan dijadikan _icon_ Pemerintah Provinsi Kep. Babel dengan kegiatan _blue green_ ini.

 

Penulis: Hasan.A.M

Foto: Fajar

Editor: Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.