ISKINDO Kep. Babel Diharapkan Memberi Masukan dan Pendampingan dalam Sektor Kelautan 

oleh -506 views

MERAWANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menghadiri kegiatan pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia Prov. Kep. Babel (DPW ISKINDO) di Gedung Rektorat Universitas Bangka Belitung (UBB), Sabtu (11/03/23 ).

 

Pj Gubernur Ridwan menuturkan, dengan dilantiknya pengurus ISKINDO Babel, maka dunia perikanan akan lebih maju dan berkembang, karena ISKINDO selaku organisasi keilmuan sekaligus praktisi bisa memberikan masukan serta pendampingan yang konstruktif bagi Pemprov Babel.

 

Menurutnya, Kep. Babel memiliki laut yang lebih luas dari daratan, sehingga keberadaan ISKINDO sangat tepat dalam mengembangkan potensi kelautan yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.

 

“Dalam mengelola potensi kelautan, diperlukan sinergi dan kerjasama dari semua unsur, baik dari pemerintah, masyarakat, sektor swasta, juga lembaga pendamping seperti ISKINDO,” ujar Pj Gubernur.

 

Dirinya berharap, organisasi ini bisa memberikan ide dan pendampingan kepada para nelayan dalam hal menangkap ikan dengan menerapkan teknologi tepat guna. Selain itu, ISKINDO juga diminta untuk mendampingi para pembudidaya dengan maksud agar pelaku usaha tersebut dapat maju dan berkembang sesuai yang diinginkan.

 

“Pemanfaatan sumberdaya pesisir atau jasa lingkungan secara berkelanjutan dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian sumberdaya pesisir dan pulau-pulau kecil, perluasan kesempatan kerja, dan pertumbuhan ekonomi kelautan, serta dapat memperbaiki ekonomi masyarakat pesisir,” ungkapnya.

 

Untuk pengolahan ikan, ia berpesan agar jaminan mutu dan keamanan pangan, ISKINDO dapat memantau asal ikan dan teknologi yang digunakan untuk pengawetan bahan makan tersebut demi kesehatan konsumen.

 

Dukungan Pemprov Kep. Babel dalam kapasitas investasi yaitu, dengan disahkannya Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) No 3 tahun 2020 tentang RZWP-3-K Prov. Kep. Babel 2020-2040 dimana implikasinya telah diterbitkannya dengan persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut. Dan untuk perairan Kep. Babel telah disampaikan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) untuk PT. Timah tbk, yang menjadi sinyal positif dari kepatuhan usaha di Bangka Belitung.

 

Mengakhiri sambutan, Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa pelantikan pengurus baru DPD ISKINDO Kep. Babel diharapkan memberi angin segar bagi pengembangan pembagunan sektor kelautan dan perikanan di bumi Serumpun Sebalai. Dan ISKINDO dapat bersinergi dengan Pemprov Babel sehingga harapan yang diinginkan tercapai.

 

Dalam kegiatan pelantikan ini juga dilakukan seminar nasional dengan tema “Konsep Pengelolaan Sumber Daya Hayati dan Non Hayati Babel”. Turut hadir dalam kegiatan, rektor UBB, Direktur PT. Timah, Ketua Umum ISKINDO Pusat, dan Sekjen ISKINDO.

 

 

Penulis : Hasan.A.M

Fotografer : Saktio

Editor : Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.