Mulkan Merasa Senang Bisa Ikut Merayakan Tahun Baru Imlek 2574 Bersama Masyarakat Tiongha

oleh -368 views

Bangka – Bupati Bangka Mulkan SH,MH menghadiri kegiatan penyambutan malam Tahun Baru Imlek 2574 di Klenteng Kwan Tie Miaw yang beralamat di Jalan S. Parman, Pasar Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (21/1/2023).

 

Ribuan warga dari sejumlah kalangan masyarakat, agama, suku dan ras khususnya di Kabupaten Bangka ikut berpartisipasi menyaksikan kegiatan penyambutan Tahun Baru Imlek tersebut.

 

Bupati Bangka Mulkan didalam sambutannya mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang sekali bisa ikut merayakan tahun baru Imlek 2574 bersama masyarakat Tiongha di Sungailiat Kabupaten Bangka, malam ini pihaknya diundang oleh panitia pelaksana yang ada di Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat.

 

“Tentunya kami dalam hal ini atas nama Pemkab Bangka dan juga kepala daerah mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten bangka, baik itu kegiatan yang bersifat kemasyarakatan, dan juga keagamaan, olahraga, kesenian dan kegiatan-kegiatan lainnya,” terang Mulkan.

 

Mulkan mengakui, kerukunan hidup umat beragama selama ini masih terjalin kokoh di Bangka, dan terlihat pada Perayaan Imlek, tidak hanya dihadiri warga Thionghoa atau keturunan Cina saja, juga umat muslim ikut menyaksikan kegiatan Imlek.

 

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan bersama masyarakat kita, toleransi umat beragama yang masih tetap terbina dengan baik, yang terpelihara dan dirajut oleh masyarakat di Kabupaten Bangka ini,” ujar Mulkan.

 

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini berpesan kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka, untuk dapat mengedepankan toleransi antar umat beragama kepada warga masyarakat yang pada hari ini merayakan Imlek.

 

“Sedangkan bagi yang tidak merayakan dapat memberikan kebebasan bagi umat yang merayakan,” pungkasnya.

 

Sementara itu Moek Khiong penanggung jawab kegiatan mengatakan acara perayaan penyambutan yang sudah dua tahun tidak berlangsung karena pandemi Covid 19, sekarang dapat terlaksana dengan menampilkan pertunjukkan Barongsai, pemberian door price dari 2.000 kupon yang dibagikan kepada masyarakat. serta live musik hingga pukul 24.00 WIB dan akan ditutup dengan pesta kembang api.

 

“Dan untuk Barongsai ini ada 2 tim yakni Barongsai Budi Dharma dan Naga Sakti yang sudah berkeliling go internasional, sampai ke Malaysia, Thailand, Vietnam dan negara lainnya,” jelas Moek Khiong.

 

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB tadi, sebagai bentuk penyambutan dan euforia warga Thionghoa yang selama ini tidak dapat terlaksana karena kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

 

Hadir dalam kesempatan acara tersebut, Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya, S.I.K, Pimpinan Baznas Kabupaten Bangka Fikri Dirhamsyah, ketua panitia pelaksana Moek Kiong yang juga merupakan Kaling Yos Sudarso, pengurus Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat dan tamu undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.