129 Perangkat Desa Se-Kabupaten Bangka Ikuti Bimtek SIPADES V 2.0

oleh -736 views

Sungailiat –Pemerintah Kabupaten  Bangka melalui Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES V 2.0) Berbasis Online Tahun 2022.

Acara Bimtek ini di Buka Langsung oleh Bupati Bangka Mulkan SH., MH, bertempat di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (17/10/2022).

SIPADES adalah sebuah aplikasi berbasis komputer yang dikembangkan oleh Kemendagri untuk memudahkan aparatur pemerintah desa, khususnya pengelola aset desa dalam pengelolaan aset desa .

Saat sambutan, Bupati menuturkan Aset Desa ini merupakan kekayaan yang harus di jaga dan harus di tata dengan baik, karena ini kekayaan dari pada Desa ataupun Daerah kita.

“Jadi bukan hanya gedung kantor desa saja yang merupakan aset desa dan juga jangan hanya mengkliem tanah desa saja tetapi tidak ada secara legal. Nanti ajukan dengan Pak Camat berapa hektar lahan desa yang akan menjadi aset desa dan harus ada SK dari pada Bupati,”tuturnya

“Kami harapkan kepada semua perserta  ikutilah dengan sebaik-baiknya dan juga nanti silahkan berdiskusi ataupun bertanya kira-kira apa yang belum kita pahami dengan kegiatan Bimtek kita pagi hari ini,”pungkasnya

Sementara itu, Ketua APDESI Kabupaten Bangka Saiful Ahyar mengatakan, bimtek dilaksanakan merujuk pada Undang Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, peraturan pelaksanaannya menyiapkan menguatkan kapasitas aparatur pemerintah desa khususnya pengelolaan aset desa.

” Pemerintah desa itu diwajibkan memakai aplikasi SIPADES sebagai panduan dalam pengelolaan aset desa. Hal ini sangat membantu mempermudah penginventarisasi dan pengadministrasian aset desa. Agar dapat dimanfaatkan secara maksimal, ujar Saiful

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 17 – 20 Oktober 2022, peserta Bimtek ini sebanyak 129 orang terdiri dari Kaur Umum dan Seketaris Desa (Sekdes).

Sumber:
Dinkominfotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.