Bupati Bangka Buka MTQH Tingkat Kabupaten Bangka 2022

oleh -1,104 views

Bangka – Pekan Musabaqoh Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) tingkat Kabupaten Bangka tahun 2022 secara resmi telah di buka langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan, SH MH. MTQH tersebut diikuti oleh perwakilan dari 8 Kecamatan dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 331 orang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH, Ketua DPRD Bangka, Iskandar, S.Ip Wakapolres Bangka, Kompol Robertus Wardhana Utama, S.I.K, Kepala Kemenag Bangka, Drs H. Senaidi, Perwakilan Lanal Babel, Ketua Pengadilan Negeri Bangka , Zulkifli, SH, MH, Para Kepala OPD Pemkab Bangka.

Kemudian, para Camat dari 8 Kecamatan, Kapolsek Sungailiat, Ketua MUI Bangka, para Hakim dan Juri MTQH, serta perwakilan para peserta dari 8 Kecamatan di Kabupaten Bangka, Senin (18/7).

Asisten I Bidang Pemerintahan, Tedi Sudarsono selaku Ketua Panitia dalam keterangannya mengatakan, bahwa MTQH tingkat Kabupaten Bangka tahun 2022 ini diikuti oleh seluruh peserta dari perwakilan 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. Dengan jumlah 331 orang dan para ofisial berjumlah 32 orang.

“Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Ijinkan saya selaku ketua panitia MTQH tingkat kabupaten bangka tahun 2022 manyampaikan laporan kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan ini mendukung program pemerintah daerah kabupaten bangka dalam memberantas buta aksara al quran dan lebih untuk membumikan al quran ditengah tengah kehidupan masyarakat. Memberi kesempatan pada generasi muda yang berprestasi dalam seni baca dan menulis, menghafal serta memahami isi al quran dan hadis dalam hal untuk mewujudkan prestasi generasi muda dalam iman dan taqwa,” terang Tedi.

Menurutnya, ada beberapa cabang yang diperlombakan dalam MTQH ini seperti, cabang Tilawatil Quran terdiri dari golongan tartil putra dan putri, golongan tilawah anak putra dan putri, golongan tilawah remaja putra dan putri, golongan tilawah dewasa putra dan putri.

Kemudian, golongan tirakad murathal remaja dan dewasa putra dan putri, golongan tirakad dewasa putra dan putri. Cabang Tafsir Qur’an terdiri dari golongan 1 juz putra dan putri, golongan 5 juz putra dan putri, golongan 10 juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, golongan 30 juz putra dan putri. Cabang Tafsir Qur’an bahasa Inggris putra, cabang Syahmil Qur’an putra dan putri, cabang Syahmil Qur’an beregu putra dan putri, dan seterusnya.

“Setiap perlombaan dipimpin oleh dewan hakim yang berkompeten di bidangnya. Dengan jumlah dewan hakim terbanyak berjumlah 30 orang, dan panitera sebanyak 6 orang. Bagi juara pertama, kedua dan ketiga akan diberikan bonus serta piagam penghargaan yang besarannya sesuai dengan surat SK Bupati Bangka,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan, SH, MH, saat membuka acara MTQH tingkat Kabupaten Bangka tersebut menyampaikan, terima kasih kepada para panitia penyelenggara kegiatan MTQH tingkat Kabupaten Bangka tahun 2022 yang mana kegiatan ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 4 hari kedepannya.

“Tentunya kami atas nama pemerintah daerah mengajak kepada kita semua, mari kita secara bersama-sama untuk mensukseskan kegiatan acara musabaqoh tilawatil quran dan hadis kita ini,” kata Mulkan.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Pemkab Bangka. Dan juga telah dilaksanakan pada tingkatan Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. Dan untuk kegiatan MTQH ini yang ada di Kabupaten Bangka puji syukur dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Memang pada 2 tahun ini untuk kegiatan pelaksanaan MTQH ini tidak bisa kita laksanakan baik secara tertutup maupun lapangan terbuka. Hal itu disebabkan karena adanya wabah pendemi covid-19 yang telah melanda kita di daerah maupun secara global. Syukur alhamdulilah pada tahun ini kita dapat melaksanakan kegiatan MTQH tingkat kabupaten bangka ini secara langsung dan berada di ruangan terbuka,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.