POPDA Bangka ke 14 Resmi Dibuka Bupati Bangka

oleh -1,932 views

Bangka – Kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten Bangka ke-14, resmi dibuka Bupati Bangka yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara di Stadion Bina Satria Sungailiat, Rabu (15/6) sore.

Kegiatan tersebut dibuka dengan devile kontingen peserta yang berasal dari 8 kecamatan di kabupaten Bangka, pasukan bendera Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bangka, Drum band SMPN 2 Sungailiat, juga ada atraksi pencak silat.

Sementara itu Kepala Dinas pendidikan kepemudaan dan Olahraga, Rozali Romkad selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya menyebutkan kegiatan POPDA tahun 2022 di selenggarakan mulai tanggal 14 juni hingga tanggal 17 juni 2022.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan tersebut meningkatkan prestasi olaraga, menjaring bibit – bibit olaragawan nasional, melatih sifat sprotifitas dan tanggung jawab, menciptakan kondisi kompetitif yang sehat dan kerjasama antar tim dalam bertanding.

Peserta pelajar terdiri dari 8 kecamatan di Kabupaten Bangka dan sebanyak 626 peserta. yang terdiri dari kecamatan Sungailiat, kecamatan Belinyu, Kecamatan pemali, kecamatan Mendo Barat, Kecamatan Puding Besar kecamatan Riau Silip, kecamatan Merawang, dan kecamatan Bakam, mempertandingkan 8 cabang olaraga, yaitu bola basket, bola voly, bulu tangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan dan tinju, untuk cabang tinju sudah ada atletnya namun tidak dipertandingkan di tingkat Kabupaten Bangka dan nanti hanya mengikuti di tingkat POPDA Provinsi Kepulauan Belitung.

Dijelaskan oleh Rozali, untuk jumlah panitia, wasit, juri, tenaga medis dan lainnya ada 118 orang. Dan untuk kegiatan pertandingan olahraga sudah dilaksanakan sejak kemarin dan untuk peserta dari kecamatan yang jauh disediakan tempat menginap di Mess Pemkab Bangka,” katanya.

Para atlet pemenang selain mendapatkan medali juga mendapatkan bonus uang dengan besaran variatif setiap cabang olahraga, namun total bonus sekitar Rp64 juta dan untuk para pemenang akan mengikuti POPDA tingkat provinsi yang akan dilaksanakan bulan ini juga, dan kita punya persiapan sekitar satu minggu lebih untuk persiapan atlet untuk POPDA tingkat provinsi nantinya,” imbuh Rozali.

Ditempat yang sama, Bupati Bangka Mulkan SH, MH mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan POPDA ke-14 Kabupaten Bangka ini.

“Berkat kolaborasi pentahelix di Kabupaten Bangka cukup baik, sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan baik itu keagamaan, olahraga dan kemasyarakatan lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Seperti hari ini kita dapat dukungan dari pihak Honda yang menyediakan hadiah door prize utama berupa kulkas,” jelas Mulkan.

Diingatkannya meskipun saat ini wabah Covid-19 sudah melandai namun tetap harus diwaspadai jangan sampai kita terlena dan lalai.

“Tentunya dengan kondisi yang kita anggap aman namun belum tentu aman, kami harapkan kepada para camat, bukan hanya mengantarkan para atlet saja tetapi bagaimana tetap memonitor para atlet ini, dan ia juga siap memberikan bonus tambahan kepada para atlet yang berprestasi dalam ajang POPDA Kabupaten Bangka ini, Mudah-mudahan nanti saat penutupan bagi para atlet yang berprestasi ini kita siapkan hadiah khusus supaya mereka lebih bersemangat lagi mengikuti kegiatan ini,” kata Mulkan.

Diungkapkannya, prestasi atlet Kabupaten Bangka dalam Porprov Babel lalu berhasil menjadi juara umum, karena itu diharapkan prestasi ini bisa dipertahankan dalam Porprov Babel 2023 di Kabupaten Bangka Barat.

“Dan untuk cabang olahraga renang, pihak Kabupaten Bangka Barat belum memiliki kolam renang yang standar, sehingga Kabupaten Bangka siap bersinergi dan membantu menyiapkan fasilitas untuk lomba renang dalam Porprov VI nanti,” tutup Mulkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.