Gedung UPTD Labkesda Babel Diresmikan, Gubernur: Segera Upgrade SDM

oleh -6,532 views

PANGKALPINANG – Guna mempertahankan akreditasi yang dicapai, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman meresmikan Gedung UPTD Balai Laboratorium Kesehatan, Pemeliharaan, dan Kalibrasi Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Babel, yang bertempat di UPTD Labkesda Babel, pada Kamis (28/4/22).

Gedung yang terdiri dari dua lantai dan enam ruangan ini, memiliki beberapa manfaat di antaranya:
1. Untuk meningkatkan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan;
2. Untuk menambah pelayanan baru yaitu pelayanan kalibrasi alat kesehatan;
3. Untuk memperkuat kinerja peningkatan indikator pemeriksaan laboratorium, karena laboratorium ada indikator-indikator yang harus dicapai guna mencapai akreditasi;
4. Untuk mempertahankan akreditasi yang sudah diraih.

“Dengan adanya gedung ini, kami bisa mempertahankan akreditasi. Di mana, kami sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dua tahun yang lalu. Juga kita sudah terakreditasi Komite Akreditasi Laboratorium Klinik (KALK),” ujar Kepala UPTD Labkesda Babel Sujari.

Mendengar hal itu, Gubernur Erzaldi bangga, karena laboratorium ini pun terakreditasi KAN dengan ISO 17025. Juga, dari tahun ke tahun, Labkesda ini juga terus makin membaik.

“Karena sudah baik akreditasinya ini. Saya pesan untuk Pak Sujari dan dr. Andri (Kepala Dinkes Babel), kalau bisa jangan hanya fisiknya saja yang terus dikembangkan. Tetapi Sumber Daya Manusia (SDM)-nya pun harus di _upgrade_ kemampuannya. Jangan ragu, kalau bisa mulai tahun depan, sudah bisa mengirimkan tenaga kerja di laboratorium ini untuk belajar ke luar Babel,” ujar Gubernur Erzaldi.

Setelah memberikan sambutan, acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Gedung UPTD Labkesda Babel, lalu dilanjutkan dengan meninjau gedung.

“Harapannya dengan diresmikan gedung ini, serta proses untuk terus meningkatkan pelayanan, khususnya kalibrasi dan laboratorium ke depan, juga rumah sakit kita, klinik, apotek yang ada di Babel, secara periodik dapat dilakukan kalibrasinya. Agar alat-alat kesehatan kita selalu valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan secara tepat,” kata gubernur.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Babel Daroe Tri Sadono, Kepala Dinas Kesehatan Babel dr. Andri Nurtito, Kasi Log Korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf. M. Musafag, dan Kabid Dokkes Polda Babel dr. Zulkhairi.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Fajar
Editor: Lisia Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.