Plh. Pj. Gubernur Babel Ajak Masyarakat Tingkatkan Kebersamaan dan Solidaritas

oleh -299 views

PANGKALPINANG – Pelaksana Harian Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Plh. Pj. Gubernur) yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pj Sekda Babel), Fery Afriyanto mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas sosial di era globalisasi ini.

Ajakan itu disampaikan Plh Pj Gubernur Babel, Fery Afriyanto saat membacakan Sambutan Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 H yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (17/6/2024).

“Peringatan Hari Raya Idul Adha mengajak kita semua untuk senantiasa bercermin, bahwa eliminasi egoisme manusia atas kepemilikan diri dan kelompok, kesabaran, serta keteguhan merupakan modal utama yang harus ditumbuh kembangkan dalam rangka menghadapi beragam persoalan kehidupan di era globalisasi. Oleh sebab itu mari kita tingkatkan kebersamaan dan solidaritas sosial” ajaknya.

Lebih lanjut Plh Pj Gubernur Babel menyampaikan, sebagaimana lazimnya pada Hari Raya Idul Adha, umat Muslim dapat berpartisipasi dan ikut serta memperingati Hari Raya Idul Adha dengan penuh kegembiraan. Seperti yang diketahui bersama, bahwa ketika merayakan Hari Raya Idul Adha akan terdapat peristiwa penyembelihan hewan kurban dan banyak warga masyarakat yang memberi dan menerima daging qurban.

“Untuk Itu, Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menunaikan kewajibannya dalam berkurban, disertai harapan agar mereka yang telah memiliki kemampuan namun belum berkurban, dapat memanfaatkan kesempatannya di masa yang akan datang” ungkapnya.

Peringatan Hari Raya Idul Adha hendaknya meneguhkan sikap kita untuk terus berupaya menyempurnakan jati diri sebagai manusia yang harus menjaga hubungan vertikal dengan Allah SWT, Dan hubungan horizontal dengan sesama manusia serta teguh menjaga kelestarian alam dan ekosistem semesta.

Peringatan Hari Raya Idul Adha juga  mengilhami umat, untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan berkarakter dalam rangka mewujudkan pembangunan masyarakat dan daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang lebih maju.

“Saya juga berharap kontribusi, dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dalam setiap program kegiatan pembangunan yang berlangsung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat terus ditingkatkan, semoga dengan ridho Allah SWT, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini dapat kita bangun bersama, kita jaga bersama, dan kita rawat bersama, Demi terwujudnya Provinsi yang Baldatun Toyyibatun Warobbul Ghofur” harapnya.

Pada kesempatan itu Plh Pj Gubernur Babel juga mengajak seluruh umat yang hadir untuk mendoakan saudara-saudara yang sedang berada di Tanah Suci dalam menunaikan Ibadah Haji, termasuk salahsatunya adalah Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA dan keluarga.

“Semoga Saudara-Saudara kita senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian Ibadah Haji, dan kembali ke Tanah Air dengan selamat dan menjadi Haji yang Mabrur dan Mabrurah. Amiin Yaa Rabbal Alaamiin..” ungkapnya.

Salat Idul Adha 1445 H ini diikuti oleh para pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta keluarga dan masyarakat sekitar. Bertindak sebagai Imam Ustadz H. Nurdin, al Hafizh (Dewan Hakim MTQH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Khotib Ustadz Amir Syuhada (Kepala SMA IT  AT-Toybah Merawang).

Dalam khutbahnya Ustadz Amir Syuhada menyampaikan peringatan Ibadah Haji dan Kurban tidak terlepas dari kiprah keluarga teladan Nabi Ibrahim AS. Sebuah potret keluarga yang ideal untuk dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia, terkhusus dalam membina bahtera keluarga.

Ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, Kepatuhan Siti Hajar sebagai seorang Istri dan tanggung jawab kepada anak-anaknya, serta kepatuhan Ismail kepada kedua orang tuanya itu dapat menjadi panutan bagi seluruh keluarga.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, Plh Pj Gubernur Babel Fery Afriyanto melanjutkan kegiatan penyembelihan hewan kurban di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.