Komisi II Tinjau Billiton Spices Terkait Kesiapan UMKM ke Pasar Ekspor

oleh -552 views

BELITUNG – Selain Timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) terkenal dengan ladanya. Dimana lada Kep. Babel dikenal memiliki aroma dan rasa terbaik dengan kandungan piperine 5,8 – 7,2 dibandingkan dengan lada dari daerah lain di indonesia.

Pada tahun 2016 Billiton Spices didirikan oleh Vivi Widyana di Tanjung Pandan Kab. Belitung. Melalui Billiton Spices ini Vivi Widyana melakukan pengembangan dan hilirisasi komoditas lada asli Belitung, karena Belitung termasuk dalam indikasi Geografis.

Bersama dengan Komisi II DPRD Provinsi Kep. Babel ketua DPRD H. Herman Suhadi,S.Sos melakukan peninjauan ke Billiton Spices di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung terkait kesiapan UMKM ke pasar ekspor, Jumat (30/04/2024).

Setibanya di Billiton Spices, rombongan yang dipimpin Ketua Komisi II, Agung Setiawan disambut baik oleh owner Billiton Spices Hadi beserta karyawan di workshop Billiton Spices, Jalan Endek no.743, Kota Tanjung Pandan Kabupaten Belitung.

“Saya mewakili Billiton Spices mengucapkan terima kasih atas perhatian bapak dan ibu atas undangan yang kami sampaikan untuk bisa berkunjung ke Billiton Spices dan kami mohon dukungannya agar UMKM lokal bisa bersaing di pasar dunia,” ungkap Hadi owner Billiton Spices.

Disampaikan Herman bahwa pulau Belitong mempunyai catatan sejarah yang panjang dalam perkembangannya dengan menghadirkan beragam komoditas unggulan selain timah, salah satunya lada.

“Lada yang biasa kita kenal dengan nama sahang ini tentunya dulu pernah punya sejarah yang panjang, sehingga dunia bisa mengakuinya,” ujar Herman.

Untuk itu dirinya juga berharap sejarah dan komoditas unggulannya dapat terus dilestarikan oleh masyarakat Belitung sendiri salah satunya Billiton Spices dengan terus giat membangun serta membesarkan usahanya.

“Kita berharap dan berdoa agar usaha Billiton Spices ini dapat menggali potensi-potensi daerah agar bisa dipasarkan di luar negeri dengan harapan agar masyarakat Bangka Belitung dapat menikmati dan turut mempelajari usaha-usaha yang dilakukan Billiton Spices,” tambahnya.

Dikatakan Hadi, Billiton Spices sendiri menjadi satu dari 30 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang lolos dalam kurasi program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI).

“Dalam memenuhi standart nasional Billiton Spices dengan cermat berusaha mempelajari dengan baik, diantaranya menguji produk melalui Certificate of Analysist (COA) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), dengan begitu produk dari Billiton Spices terjamin mutu dan kualitasnya,” ujar Hadi owner Billiton Spices.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kep. Babel Ir. Agung Setiawan, MM berpendapat bahwa pemerintah sangat mendukung Usaha Kecil Menengah untuk mengembangkan usaha mereka dengan mempermudah perizinan sampai dengan dukungan untuk pemasaran internasional.

“Saya berpandangan bahwa pemerintah pusat harus menata sistem tata niaga agar pengusaha dan pemerintah daerah mendapatkan hasil yang lebih dari nilai ekspor komoditas,” pungkas Agung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.