Pj Gubernur Suganda Tinjau Hewan Kurban Iduladha 1444 H

oleh

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, memantau persiapan Iduladha 1444 Hijriyah tahun 2023.

 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Suganda didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Kepulauan Babel, Saimi, yang juga merupakan Panitia Kurban Idul Fitri 1444 Hijriyah, memantau langsung puluhan sapi kurban, yang diturunkan dari kendaraan pengangkut, ke tempat khusus sebelum dilakukan pemotongan.

 

Pj Gubernur Suganda menjelaskan, bahwa sapi-sapi kurban tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah pihak yang ingin berkurban serta seluruh perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel. Selanjutnya, setelah dilakukan penyembelihan, hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

“Setelah dilakukan pemotongan, daging kurban akan dibagikan ke masyarakat yang berhak dan membutuhkan. Selain itu, akan dibagikan juga ke sejumlah pegawai, di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel,” terang Pj Gubernur Suganda, saat ditemui di halaman belakang, Rumah Dinas Gubernur, Rabu (28/6/2023).

 

Pj Gubernur Suganda juga menginstruksikan kepada panitia kurban, agar sapi kurban yang datang tersebut, diberi makan dan dibersihkan terlebih dahulu, sebelum dilakukan penyembelihan.

 

“Minta tolong sapi-sapi ini tetap dirawat diberi makan dan dibersihkan sebelum dilakukan pemotongan besok,” harapnya.

 

Sementara itu Kepala Biro Kesra yang sekaligus Ketua Panitia Kurban, Saimi melaporkan bahwa Pemprov Kepulauan Babel, akan melakukan penyembelihan, sebanyak 24 ekor sapi kurban.

 

“Hewan kurban ini didapat dari sumbangan Pemprov Kepulauan Babel, perusahaan maupun pihak-pihak yang ingin menyumbang, termasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kepulauan Babel,” jelasnya.

 

Selanjutnya, kata Saimi, daging kurban akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Ia mengungkapkan, selain melibatkan masyarakat, akan dilibatkan juga para Juru Sembelih Halal (Juleha), saat dalam penyembelihan hewan kurban nantinya.

 

Diketahui, pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Suganda dan Ketua Panitia Qurban, Saimi, menerima Sapi Kurban sumbangan dari PT Mitra Stania Prima.

 

Manager Government PT Mitra Stania Prima, Desi, yang hadir menyerahkan langsung sapi kurban ke Pj Gubernur Suganda, menyampaikan bahwa sapi kurban dari PT Mitra Stania Prima, merupakan pelaksanaan Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat Tahun 2023.

 

“Kami setiap tahun membagikan hewan qurban untuk masyarakat. Rutin kami setiap tahun ingin berbagi dengan masyarakat, agar bisa merasakan sama-sama,” tutupnya

 

Penulis : Lulus/Lisia Ayu

Foto : Jo

Editor : Yudhistira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.