Anggarkan Rp10 Miliar untuk Kelanjutan Pembangunan Buper Cadika 

oleh -345 views

Gowa – Bupati Gowa yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gowa dan Ketua Kwarcab Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebut pramuka merupakan organisasi atau wadah pembentukan karakter para pemuda.

Hal ini diungkapkan saat dirinya bertindak sebagai pembina upacara pada pembukaan Raimuna Cabang Gowa Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cadika HM Yasin Limpo, Kecamatan Bajeng, Selasa (21/2).

“Hari ini kita laksanakan pembukaan Raimuna Cabang Gowa yang beberapa tahun vakum karena pandemi Covid-19. Pramuka merupakan bagian dari pembentukan karakter generasi muda kita yang harus lebih baik dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Gowa itu mengaku, dalam Pramuka mereka diajarkan terkait Emotional Quotient (EQ) atau kecerdasan emosional ditambah dalam pembelajaran sekolah diajarkan terkait Intelektual Quotient (IQ) dan Spritual Quotient (SQ) sehingga dengan tiga konsep yang didapatkan para generasi muda tersebut mampu menjadi agen perubahan.

“Dalam organisasi Pramuka diajarkan pembentukan karakter yang dikenal dengan EQ karena dibentuk emosionalnya, silaturahminya, pertemanannya, gotong royongnya dan itu semua dibentuk di pramuka sehingga kedepannya generasi kita memiliki EQ ditambah IQ, SQ yang didapatkan di sekolah,” jelas Adnan.

Tak hanya itu, sebagai bentuk keseriusannya dalam organisasi Pramuka, Adnan kembali menganggarkan sebanyak Rp 10 miliar untuk kelanjutan pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) Cadika HM Yasin Limpo tersebut yang akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan Pramuka di Kabupaten Gowa.

“Komitmen saya bersama dengan Pak Wabup untuk Buper ini yaitu tahun ini telah menganggarkan untuk kelanjutan pembangunan bumi perkemahan sebanyak Rp10 miliar karena di tahun kemarin terjadi perlambatan karena adanya pandemi Covid-19,” tambahnya.

Olehnya ia berharap melalui kegiatan Raimuna ini seluruh generasi muda yang ikut mampu menjadi pemimpin baik di tingkat daerah, provinsi maupun Indonesia di tengah serbuan medsos.

“Banyak orang yang memilih main gadget, main internet dan lain-lain, namun anak-anak ini mau tetap mengikuti kegiatan pramuka dengan melaksanakan ketangkasan, halang rintang, jurit malam sehingga diharapkan mampu menjadi agen-agen perubahan yang lebih baik dibandingkan seluruh pemuda-pemudi yang ada,” harap Sekjen APKASI ini.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Abdullah Sirajuddin mengatakan kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 20 hingga 26 Februari dengan total peserta sebanyak 525 orang, Bina Damping 62 orang pada 49 Pangkalan Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Gowa.

“Peserta sudah masuk sejak kemarin dan kegiatan ini mengangkat tema Pramuka berbudaya dan berdaya saing menuju Indonesia emas 2045 dengan slogan kegiatan Porei (Produktif, Kreatif dan Inovatif),” katanya.

Pada pembukaan Raimuna Cabang 2023 ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa yang juga Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, Abd Rauf Malaganni, Forkopimda Gowa, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.