Ziarah ke Makam Depati Bahrin Dalam Rangka HUT RSUD Depati Bahrin

oleh -1,288 views

Sungailiat – Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan dan rangkaian Perayaan Ulang Tahun RSUD Depati Bahrin ke 52, Direktur beserta rombongan keluaraga besar RSUD Depati Bahrin  menggelar kegiatan ziarah di Makam Depati Bahrin di Dusun Lubuk Bunter Desa Kimak Kecamatan Merawang pada hari jum’at(11/11/2022).

Kegiatan ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa Depati Bahrin yang sangat besar jasanya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia secara lokal dan membangkitkan jiwa nasionalisme para generasi muda. Depati Bahrin adalah pahlawan yang pernah memimpin Perang Bangka I pada tahun 1819-1828, diangkat sebagai Depati Tanah Jeruk oleh Sultan Palembang dan salah satu Panglima Tujuh yang terkenal di Pulau Bangka bersama Akek Sak, Akek Kuah, Akek Mis, Akek Adung, Akek Ning dan Akek Ijah.

Kegiatan ziarah ke makam Depati Bahrin dipimpin oleh H. Ilyasak selaku keturunan ke-5 Depati Bahrin dan H. Manan selaku Tokoh Masyarakat dan Ketua Yayasan Depati Bahrin serta diikuti oleh Direktur RSUD Depati Bahrin, dr. Yogi Yamani, Sp.B, Camat Merawang Jaleari,S.STP,M.Si, Kapolsek Merawang IPTU Teguh Widodo,SH, Danramil 0413-07/Merawang Kapten Cpl Sudaramdi, Kepala Desa Kimak, Bhabinkamtibmas Desa Kimak, Babinsa Desa Kimak, FKPM Desa Kimak, aparat Desa Kimak dan rombongan keluarga besar RSUD Depati Bahrin.

Kegiatan ziarah diawali dengan acara doa dan tahlil Bersama, penyerahan cenderamata serta bantuan sosial kepada beberapa warga dan pengurus makam sebagai bentuk kepedulian dari RSUD Depati Bahrin dan diakhiri dengan tabur bunga di pusara Depati Bahrin.

Dalam sambutannya, Direktur RSUD Depati Bahrin, dr. Yogi Yamani, Sp.B mengatakan bahwa Kegiatan ziarah dan tabur bunga di makam Depati Bahrin selain menjadi agenda tahunan RSUD Depati Bahrin juga bertujuan untuk mengenang jasa Depati Bahrin yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara.

“Bentuk ketauladanan, jiwa patriot nasionalisme dan rela berkorban yang dicontohkan oleh Depati Bahrin hendaknya dapat dijadikan suri tauladan yang baik bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang,” jelas Yogi.

Pada kesempatan tersebut, H. Ilyasak selaku keturunan keluarga Depati Bahrin juga mengucapkan terimakasih kepada pihak RSUD Depati Bahrin, khususnya kepada Direktur RSUD Depati Bahrin. Beliau berharap agar silahturahmi yang telah berjalan dapat terus terlaksana setiap tahunnya.

Sumber: RSUD Depati Bahrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.