Bangun _Awareness_ Masyarakat Akan Produk Bangka Belitung, Lewat Summarecon Expo 2022

oleh -5,750 views

PANGKALPINANG – Tidak ingin melepaskan begitu saja kesempatan untuk mengenalkan Kriya dan UMKM Kepulauan Bangka Belitung berskala nasional dalam gelaran Summarecon Expo 2022, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Dekranasda Babel), Melati Erzaldi Kamis (7/4/22), memimpin secara langsung melalui Zoom Meeting rapat persiapan pameran produk pangan, kuliner, dan kriya Kepulauan Bangka Belitung yang akan diselenggarkan di Mall Summarecon.

Seperti diketahui dalam pertemuan sebelumnya, antara Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi dengan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI, Ida Rustini, Kepulauan Bangka Belitung diberikan kesempatan penuh dalam pameran produk pangan, kuliner, dan kriya Kepulauan Bangka Belitung di Mall Summarecon, Tangerang Selatan pada tanggal 20 sampai dengan 24 April 2022 mendatang.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan RI itu akan menampilkan berbagai produk kriya dan UMKM Babel. Tak hanya produk kriya dan UMKM, dalam kegiatan itu juga akan ditampilkan seni dan budaya Babel, di tempat yang sangat strategis itu.

Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi saat memimpin jalannya rapat mengatakan, Summarecon Expo 2022 ini sebagai langkah awal untuk memperkenalkan Kepulauan Bangka Belitung ke masyarakat luas.

“Kesempatan ini kita gunakan untuk memperkenalkan Kepulauan Bangka Belitung, baik kriya, kuliner, UMKM, dan seni budaya. Kita mulai dari sini, kita bangun _awareness_ masyarakat dulu. Selanjutnya kita terus bangun melalui kegiatan puncak Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan penyelenggaraan G20 di Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

Dalam menampilkan produk kriya khususnya _fashion_ dan kuliner, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi menginginkan adanya perpaduan produk Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Yang tentu saja produk-produk tersebut sudah melalui proses kurasi.

Untuk itu Ketua Dekranasda Babel mengharapkan agar seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan dapat mempersiapkan kegiatan dengan matang, baik _rundown_ acara hingga stan-stan yang akan ditampilkan.

Kepada para perajin, pengusaha dan pelaku UMKM Babel yang ikut dalam kegiatan ini diharapkan dapat menampilkan produk-produk terbaiknya.

“Dengan demikian masyarakat akan mengetahui bahwa Kepulauan Bangka Belitung mempunyai beragam produk unggulan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel, Tarmin menyampaikan, Summarecon Expo 2022 merupakan rangkaian kegiatan Program Nasional Bangga Buatan Indonesia, yang puncaknya akan diselenggarakan di Kepulauan Bangka Belitung.

Mengambil Tema UMKM Bangka Belitung Mendunia, dalam Summarecon Expo ini akan menampilkan stan kerajinan/kriya dan stan kuliner khas Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu _fashion show,_ demo memasak, hingga pertunjukan seni budaya akan ditampilkan dalam gelaran ini.

Selanjutnya akan diadakan pertemuan lanjutan untuk mematangkan kegiatan. Ikut hadir dalam rapat ini selain para pengusaha, perajin, dan pelaku UMKM, juga perusahaan mitra seperti Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, dan PT Timah yang juga ikut dilibatkan dalam kegiatan ini.

Penulis: Lulus
Foto: Iyas Zi
Editor: Lisia Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.