Wagub Bawa Tanah dari Bukit Menumbing dan Air Bukit Mangkol untuk IKN Nusantara

oleh -1,840 views

PENAJAM PASER UTARA – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, membawa tanah yang dibawa langsung dari Bukit Menumbing dan air dari Bukit Mangkol untuk dibawa ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022).

Tanah dan air itu kemudian diserahkan Wagub Abdul Fatah kepada Presiden Jokowi, untuk dimasukkan ke bejana Nusantara yang kemudian disatukan dengan tanah dan air dari provinsi lain.

“Tanah yang dibawa langsung dari Bukit Menumbing Muntok ini menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. tempat di mana tokoh-tokoh hebat menuangkan pemikiran luar biasa untuk memberikan masa depan bagi negara tercinta,” ungkap wagub.

Ia mengatakan, tanah itu juga merupakan tempat di mana presiden pertama Indonesia, Soekarno diasingkan. Selanjutnya, air yang dibawa dari Bukit Mangkol merupakan sumber air yang mengairi kehidupan penduduk kota Pangkalpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Tanah dan air ini menjadi simbol bahtera hidup dilahan yang baru,” ujarnya.

Prosesi penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pagi ini dalam sebuah wadah yang disebut Kendi Nusantara.

“Ini merupakan bentuk dari kebhinnekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita, dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” ungkap presiden.

Presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mewujudkan cita-cita pembangunan Otorita IKN. Ia berharap dukungan terhadap pembangunan Otorita IKN dapat terus mengalir dari berbagai instansi dan masyarakat.

“Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah Swt memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” katanya melanjutkan.

Selepas acara tersebut, Presiden Jokowi dan para kepala daerah juga melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer.

Penulis: Budi
Foto: Umar
Editor: Rangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.